Mobil Google Bisa Mengemudi Sendiri


Mobil Google Bisa Mengemudi Sendiri

Google Incorporated berinovasi dengan mobil buatannya yang memiliki teknology self driving yang dikemudikan oleh sebuah  program komputer secara otomatis tanpa ada campur tangan Manusia.

Cara kerja mobil otomatis ini dalam memantau dan membaca kondisi disekitarnya, dilengkapi kamera video yang dipasang di atap. Di samping itu, juga ada  sensor radar dan laser di gril untuk mengamati pejalan kaki, pesepeda dan kendaraan lain. Tambahan lain, zona virtual yang harus dihindari mobil sehingga tidak menabrak atau menyerempet.

Jarak tempuh tes mobil Google ini sudah mencapai 224.000 km atau 140.000 mil, termasuk melintasi jembatan Golden Gate di San Francisco. Saat diuji, mobil selalu dipantau oleh pengemudi terlatih yang siap mengambil alih jika peranti lunak (software) mengalami gangguan.

Google saat ini memiliki 10 unit mobil dengan teknologi "Self-Driving" dan sudah menjelajah sampai 250.000 mil (402.336 km). Untuk lebih memastikan keamanannya, Google berencana menguji sampai satu juta mil atau 1,6 juta kilometer.
Berhembus pula berita, saat ini Google  berusaha memperkenalkan teknologi ini kepada produsen mobil dan mengawinkan dengan global positioning system (GPS). Dengan teknologi yang disebutkan terakhir, tidak perlu lagi menggunakan kamera berukuran besar yang dipasang di atap mobil.

Masalahnya, bagaimana bila komputer mobil ini diretas (hack)?