Pengunjung Indonesia Dialihkan Ke Domain Blogspot.co.id

Tampaknya Kali ini giliran Indonesia mendapat pengalihan khusus pengunjung blogger dengan domain blogspot. contohnya blog ini yang semula zokerbro.blogspot.com menjadi zokerbro.blogspot.co.id.
Pengunjung Indonesia Dialihkan Ke Domain Blogspot.co.id

Entah kapan domain dengan akhiran co.id ini di luncurkan. saya  pun baru mengetahui beberapa menit sebelum pos ini di buat. Penglihan ini memang sudah dilakukan dibeberapa negara jadi bukan suatu hal yang baru. misalnya India dengan akhiran blogspot.in.

Lalu apakah ini bisa berpengaruh terhadap seo dan terkena duplikat konten karena menggunakan multiple domain lebih dari satu bahkan lebih dari sepuluh tergantung dari negara mana pengunjung itu datang.

Sepertinya google sudah memikirkan hal ini sebelumnya jadi tidak usah khawatir. saya pun merasakan bahwa pengalihan ini hanya pada saat di kunjungi saja di adress bar. akan tetapi di kotak pencarian google tetap domain .com lah yang tampil. 

Menurut hemat saya tentunya google ingin mengkotak - kotak domain blogspotnya karena hukum dibeberapa negara berbeda dan juga pengiklan google adwords akan lebih terarah sesuai target negara yang di tuju.