Hati - Hati Akun Facebook Anda Dibajak Dengan Situs Palsu

Trik hacking yang tidak asing ini yang menggunakan teknik phishing alias memancing orang lain untuk masuk ke situs palsu yang serupa dengan situs aslinya. membuat orang lain tidak sadar melakukan log in di situs buatan hacker ini. Tetapi kalau di teliti memang situs buatan hacker kelas teri ini ada sedikit perbedaan yang samar - samar.

Saya hampir terpukau membaca rayuan mautnya untuk me like facebook fanpagenya.  mengantarkan saya ke sebuah page log in facebook yang memang sama dengan Aslinya. silahkan anda baca komentar di buku tamu slide sebelah kanan .seorang hacker yang bisa dibilang kelas teri. Dia menamakan dirinya Randia dengan email Randi@yahoo.com. komentarnya seperti ini "gan like fanspage blog ane ya tar ane like bali ok gan http://tinyurl.com/TIPSMEMANCING ane senang dengan blog agan power full banyak yg bermanfaat".

Dia menggunakan pemendek url tinyurl.com untuk mengelabui pengguna dengan tidak sadar kita langsung masuk ke situs facebook. memang ada perbedaan yang samar situs buatan hacker dengan situs facebook aslinya. silahkan lihat gambar perbedaan pagenya.
  •  Ini gambar page situs palsu facebook.
  1. Url link situs tipu - tipu ini adalah http://tips-fishing.tk/FANSPAGE/ menggunakan domain gratisan dot tk . hmm dasar hacker "kismin ".
  2. Tidak muncul pilihan bahasa arab dengan tlisan arab. yang ada berupa Tanda tanya.
  3. Muncul tanda tanya kecil-kecil disamping setiap link.
  4. ketika saya klik masuk tanpa username dan password telihat request berasal dari domain situs si hacker kemudian akan masuk ke situs facebook aslinya dengan tanpa ada peringatan username dan facebook salah. Disinilah celah yang dimanfaatkan hacker itu untuk merecord username dan password akun facebook kita
  •  berikut ini adalah situs asli facebook dengan alamat url http://www.facebook.com/login.php
  • saya klik masuk tanpa username dan password maka akan muncul url error https://www.facebook.com/login.php?login_attempt=1  dan ada respon notifikasi username dan password anda salah.
  • saya coba menghilangkan sub directory Url FANPAGE dan meluncur ke hompagenya dengan Url http://tips-fishing.tk/ . ternyata pagenya sebuah forum jadi -jadian alias setengah jadi .


saya penasaran siapa si Randia ini. saya pun masuk ke akun cbox.ws zokerbro.com dan melihat status  komentarnya yaitu pada tanggal 15 Desember 2011 pukul 11:00:37 dengan IP adress 222.124.198.172.
kemudian saya lacak melalui situs http://www.ip-adress.com/ip_tracer/222.124.198.172 hasilnya

IP address : 222.124.198.172 [Whois] [Reverse IP]
IP country code: ID
IP address country: ip address flagIndonesia
IP address state: Jawa Barat
IP address city: Bandung
IP address latitude: -6.9039
IP address longitude: 107.6186
ISP of this IP [?]: PT. Telekomunikasi Indonesia
Organization: PT Telkom Indonesia's customer.
Local time in Indonesia: 2011-12-18 15:13
Berhati hatilah dengan kejahatan cyber ini. jangan sampai akun facebook kita jatuh ketangan yang tidak bertanggung jawab apalagi disalahgunakan.