Cara Mudah Back up Online Data Ponsel via OVI sync dan Google sync

1. dengan layanan dari OVI sync 
 
Kadang kita kurang memperhatikan pentingnya BackUp Data ponsel kita. Seandainya saja ponsel kita tiba-tiba hilang atau rusak, semua data yang ada di ponsel langsung lenyap, Foto pacar/selingkuhan, lagu yang disukai, catatan penting,dan yang lainnya semua hilang. Kita tidak mungkin bisa mendapatkan data-data lama kita, kalau data tersebut tidak kita BackUp. Bagi pemakai ponsel nokia sebenarnya hal itu sangat mudah, karena Nokia sendiri sudah memberikan layanan yang bernama OVI by Nokia.
Layanan ini sangat membantu bagi anda yang menggunakan ponsel sebagai sarana penyimpan data penting anda, Anda Dapat register di alamat website nokia di https://account.nokia.com/acct/register?serviceId=Ovicom&lid;=registerherobtnnli
Di tips kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara BackUp data ponsel nokia anda dengan OVI by Nokia.

1.    Register dulu  ke alamat website OVI by Nokia, DAFTAR


Kamu akan diminta untuk mengisi User name, Data diri, security check, dan yang terakhir persetujuan anda, lalu klik lanjut. Lalu akan muncul seperti gambar dibawah ini. 




2.    Verifikasi account Ovi

Jika sudah, anda akan mendapat pesan sms ke ponsel anda dan sebuah pesan email ke accout and, yang berfungsi sebagai verifikasi anda.
Klik Account, lalu akan muncul gambar di bawah ini


Bagi yang belum Diverifikasi pada gambar diatas akan muncul warna merah dengan tulisan Verifikasi.
o    Pesan yang dikirim dari nokia by sms
Jika anda sudah mendapat sms diatas, lalu klik link yang berwarna merah, untuk verifikasi anda.

o    Pesan yang dikirim dari nokia by email



Klik link warna biru untuk verifikasi.jika sudah akan muncul gambar dibawah



Jika dua Verifikasi tersebut sudah anda lakukan, lalu klik account anda dan lihat pada kolom informasi kontak, jika verifikasi anda sudah berhasil, bisa dipastikan tulisan verifikasi berwarna merah akan hilang. Untuk selanjutnya anda bisa mulai BackUp ponsel anda dengan meng-klik tulisan OVI nokia yang berwarna hijau di pojok kiri atas.

3.    Memulai BackUp ponsel




Untuk contoh, saya akan BackUp Contack dari ponsel saya. Dari gambar diatas kamu bisa klik “KONTAK”, lalu akan muncul 3 step urutan untuk back up data
1.    Menambahkan perangkat anda
2.    Minyinkronkan dengan OVI
3.    Mengelola Kontak anda


Dari gambar diatas, untuk yang pertama kali anda lakukan yaitu menambahkan Perangkat ponsel anda,dengan meng-klik “Tambah Perangkat”



Lalu akan muncul pilihan Tipe ponsel nokia, pilih salah satu dari beberapa Tipe , yang sesuai dengan tipe ponsel anda, disini saya menggunakan nokia 5800 XM, pilih gambarnya sampai tulisan dibawahnya berwarna hijau, lalu klik “Berikutnya”.

Akan muncul 2kolom yang harus anda isi, yaitu isi nomor ponsel anda. Yang kedua isikan zona waktu ada,karena anda di ndonesia, isikan (GMT +07.00) Bangkok, Hanoi, Jakarta. Lalu klik “Berikutnya”.



Jika sudah, anda lalu akan mendapatkan 4digit password untuk sinkronisasi antara ponsel dan OVI.


Tunggu beberapa detik,lalu anda akan mendapat sms konfigurasi dari nokia,agar anda memasukkan 4 digit password yang sudah diberikan.



Masukkan ke 4 Digit lalu OK.



Lalu ke Pilihan>Simpan
Sebelum anda akan men-sinkronisasikan antara ponsel ke OVI, pindahkan semua data kontak dari sim card ke ponsel anda, karena proses sinkronisasi ini hanya mengirim file dari memory internal saja.

4.    Cara Men-Sinkronisasikan
Buka pengaturan>konektivitas>Transfer data>Sinkronisasi>pilihan>Pilih profil sinkronisasi>OVI.com



Jika sudah lalu Klik Sinkronisasi, akan berlangsung proses loading pengiriman data dari ponsel ke OVI. proses ini memakan waktu beberapa menit, dan pastikan sampai diakhiri dengan tulisan selesai.
Setelah muncul tulisan selesai, masuk ke OVI, lalu lihat pada kontak anda
Akan muncul seperti gambar dibawah ini

Jika semua kontak Sudah keluar pada OVI, maka berarti proses BackUp data kontak sudah berhasil,begitu juga dengan proses backup kalender,caranya sama seperti backup kontak.



2. Google sync

Sinkronisasi data atau SyncML (Syncronization Markup Language) adalah fitur yang terdapat hampir di semua ponsel namun sayangnya fitur bermanfaat ini tak banyak mendapat perhatian pengguna ponsel umumnya. Mungkin hanya pekerja kantoran yang secara maksimal memanfaatkan fitur ini. Ada beberapa alasan memang yang menyebabkan fitur sinkronisasi ini tak diacuhkan. Ketidaktahuan akan fungsinya, ketidaktahuan cara menggunakannya, tidak tahu harus mendaftar ke server mana, belum merasakan manfaatnya, lebih senang dengan backup offline, mungkin juga karena malas dengan proses dan prosedur pendaftaran dan alasan – alasan lainnya.
Jika saat ini anda punya akun di Google, misalnya punya alamat email di Gmail maka anda tak perlu repot – repot menyediakan waktu, tenaga dan pulsa/uang untuk mendaftar di penyedia layanan SyncML lainnya, karena dengan akun anda tersebut anda sudah bisa langsung melakukan pengaturan dan mengoperasikannya di ponsel anda tanpa harus melakukan aktivasi apapun di akun anda.
Pengaturan standarnya seperti yang tercantum di bawah ini :
Sync Profile Name : Google Sync
Data Bearer : Web atau Internet
Access Point : isi sesuai dengan layanan operator yang dipakai
Host Address : https://m.google.com/syncml
Port : 443
User Name : alamat email Gmail anda
Password : password email Gmail anda
Applications : Contacts
Remote Database : Contacts
Pengaturan di atas merupakan pengaturan yang sama atau ada pada setiap tipe dan merek ponsel yang mendukung SyncML. Sementara aturan – aturan tambahan lainnya yang kadang berbeda di beberapa ponsel biasanya sudah diatur oleh aplikasi. Di bawah ini adalah screenshot pengaturan SyncML di Nokia E63 :








Selamat berSyncML ria dan rasakan manfaatnya :-)

selamat mencoba